0

Permainan Tradisional Gasing Gayo

Donderdag 25 April 2013


Memang Gasing adalah permainan tradisional Melayu Tua yang hampir ada disemua wilayah Asia Tenggara, dimana setiap wilayah itu mempunyai ciri khas yang berbeda tentang permainan ini. Terlebih di Indonesia hampir diseluruh penjuru nusantara pun memilki tradisi yang berbeda mengenai permainan ini, termasuk Aceh Tengah khususnya di kampung Mude Nosar.

Di kampung mude nosar, permainan gasing beberapa tahun belakangan ini menang sudah tidak lagi di gemari oleh masyarakat, keadaan ini dikarenakan banyaknya permainan baru yang dianggap lebih menarik daripada permainan tradisional. 
Namun beberapa tokoh masyarakat yang ada di Kampung Mude Nosar juga masih bisa membuat dan memainkan permainan tradisioal tersebut, kebanyakan dari mereka adalah petua dan pemuda. Sedangkan untuk tingkat anak-anak hampir sudah tidak mengetahui permainan tersebut.

Sesuai dengan program pelestarian Danau Laut Tawar kami Peserta KKN-PPM Universitas Gajah Putih Takengon Fakultas Teknik Informatika mencoba untuk menggali kembali dan melakukan sosialisasi bagaimana agar apa yang kita miliki khususnya di Gayo agar tetap lestari. baik di sektor perekonomian, ekowisata dan permainan-permainan tradisional yang menjadi kekayaan dan khas kehidupan masyarakat Gayo.

0 Responses to "Permainan Tradisional Gasing Gayo"